Lebih dari sekedar tanda; "TRAP-TRAP"

Mengungkapkan sesuatu yang berarti dari masyarakat negeri Booi, maka dalam posting kali ini saya menampilkan bagi pembaca blog BB, suatu mahakarya dari suatu kelompok masyarakat Maluku yang menata negerinya dengan "trap-trap" (Undak-undak) yang telah terkenal semenjak dahulu di pulau Saparua.


Keunikan negeri Booi, sesungguhnya terletak pada trap-trap, yang tertata rapi bukan hanya pada ruas jalan rayanya saja, tetapi ada di seluruh jalan-jalan setapak yang saling terhubung. Bagi yang belum pernah berkunjung di negeri Booi, beta mencoba memberikan referensi bagi anda sekalian, bahwa pada ruas jalan utama di negeri Booi ada 536 (lima ratus tiga puluh enam) buah trap-trap (undak-undak), yang akan anda temukan.  Mulai dari anda memasuki negeri Booi, sampai anda tiba di ujung negeri Booi bagian pantai.


Mekanisme perhitungan trap-trap ini, saya lakukan hanya pada ruas jalan utama saja, sedangkan pada seluruh jalan setapak masih banyak yang tidak dihitung, atapun trap-trap yang menghubungkan setiap rumah dari ruas jalan utama, atau ruas jalan setapak. Berarti anda bisa membanyangkan berapa banyak total dari trap-trap yang ada di Booi. Dan fakta inilah yang menempatkan negeri Samahu Amanolatu (Negeri Booi) sebagai salah satu negeri terfavorit untuk di kunjungi oleh wisatawan, disamping penataan negeri yang terkenal simentris dan eksotis.



sumber dari: "BB" ( http://booiboy.blogspot.com/ )

0 comments :

Post a Comment

Dengan Senang Hati Beta Menanti Basuara Sudara-Sudara.

Video Profile Negeri Booi

Isi Kamboti

Google+ Pung

Tampa Kaki

Selamat datang di blog TRADISI MALUKU.. Semoga bermanfaat bagi anda!!