SATU TULISAN HAUHAU DI AWAL TAONG 2016

Pernah membuat sebuah penjelasan lewat posting terpisah tentang apa itu #KataHauHau #KalimatHauHau atau #PikiranHauHau, agar lebih lengkap bisa membacanya di posting ini "klik disin".  

Dan pada tulisan pertama di tahun 2016 ini, beta hanya ingin membuat sebuah tulisan yang memiliki kesan sangat ringan untuk dibaca dengan menggunakan ragam dialek orang Ambon; yaitu untuk mencermati realitas disekitar beta, yang mana banyak orang kemudian masih sama dengan manusia di tahun 2015 atau di tahun 2011 kemarin, karena marasa sangat sulit menjalani hidup ini dan terancam mengalami kerumitan hidup dalam banyak aspek. Meskipun dalam mencari berbagai solusi dengan beragam daya dan upaya untuk memperbaiki banyak hal yang dipikirkan sangat mungkin menjadi faktor penyebab, tetapi justru ada hal ihwal yang sangat mendasar dalam kejiwaan seseorang yang tidak bisa lewati begitu saja, jika belum tamat untuk untuk dipahami dengan benar.

Maka dari itu, berikut ini beta membuat sebuah #TulisanHauHau yang telah diposting sebelumnya di akun FB pribadi beta, kemudian dimuat kembali di blog pribadi ini bagi pembaca setia TM (Tradisi Maluku) dengan sedikit berbeda dari gaya mempresentasikan reposting ini (di blogspot, ketimbang yang ada di FaceBook) agar dapat dipahami dengan baik dan benar oleh anda sekalian.

-----------------------------
Sasaorang, di taong 2016 pung kahidopang seperti apa yang nantinya akang jadi, itu berkaitan kuat deng dia pung impian yang dibangun dengan sadar. Dan bukan hanya itu saja, hal ini jua yang punya pengaruh paleng basar, yaitu dia jua (sadar, atau jua seng sadar) biasanya kase emosi yang kuat par impian-impian itu sabang waktu, biar akang su berlalu di hari kamareng, atau yang su terjadi di taong2 yang lalu, maar masih pung pengaruh paleng basar di dunia bawa alam sadar ale deng beta di hari ini.

Jadi sabarapa kuat ale deng beta bangong mimpi deng impian di hari kamareng atau yang su terjadi di taong yang suda-suda? Karna dari situ akang nanti nyata di taong 2016 ini.

Itu yang dimaksudkan oleh satu ide yang salalu beta pake hastag‪#‎IdeHauHau‬ atau ‪#‎PikirangHauHau‬ di tulis lewat posting yang sedang basudara baca akang ni; maksudnya bagini, kalu katong salalu berpikir positif par ale deng beta pung diri, keluarga, dan bangsa, minimal harus pikirang positif ini akang seimbang atau wajib lebe dominan dari model/gaya berpikir negatif di katong masing2 pung kahidopang di sagala waktu.

Sebab kalu pikir susa deng negatif itu sabang hari tanpa katong bilang jua (coba tarukira di ale dong pung lingkungan) salalu saja ada dapa lia orang pikir/bapikir susah, atau pikir hal-hal yang seng akan banya rubah dong pung kahidopang yang semula su banya masalah. Karna pada umumnya banya orang di dunia ni salalu pikir susah, bersungut, lalu laste helahai pas baku hadap deng masalah kio..
Mungkin cuma kata HauHau maar kalau ada yang bisa tercerahkan dong pung isi handeke, mungkin bisa palang-palang dar oras ini kase ba'luas kintal sadiki jua par pikirang positif masu di isi kapala; upaya seimbang kio cara pikir ale di hari ini. Sebab seng mungkin ale pung diri akan jadi bae, kalau dalang isi kapala su pikir susah yang paleng banya, atau bersungut deng helahai sagala saat.
Jadi skali lai, kalau ale mau jadi pribadi atau mau dapat kenyataan seperti apa par ale pung diri di taong 2016, 2017, 2018, atau sampe seterusnya, akang sederhana saja harus fokus par hari ini. Fokus par pikir yang bae di hari ini, fokus par biking yang bae di hari ini, fokus par merencanakan yang bae di hari ini; intinya fokus par ale pung kekuatan, bukang par ale pung kelemahan, maka beso deng lusa pasti akang baku tagae deng apa yang ale su jalani akang di hari ini.

Terjemahan dalam bahasa Indonesia :


Seseorang, di tahun 2016 punya kehidupan seperti apa yang nanti (akang: pada kalimat ini menunjuk pada suatu realitas ideal) terjadi, itu berkaitan kuat dengan impiannya yang dibangun dengan sadar. Dan bukan hanya itu saja, hal ini juga yang punya pengaruh sangat besar, yaitu seseorang itu juga (sadar, atau juga tidak sadar) biasanya memberikan emosi yang kuat pada impian-impian itu setiap waktu, biarpun (akang; pada kalimat ini bermaksud menjelaskan sesuatu yang telah terjadi dimasa lalu) sudah berlalu di hari kemarin, atau yang sudah terjadi di tahun-tahun yang lalu, tetapi emosi-emosi yang berkaitan erat dengan impian-impian itu masih memiliki pengaruh yang sangat besar di dunia bawah alam sadar anda dan saya di hari ini.

Jadi seberapa kuat anda dan saya membangun mimpi dan impian di hari kemarin atau yang sudah terjadi di tahun yang sudah-sudah? karena dari situ (akang: dalam kalimat ini menunjukan pada sesuatu pengalaman atau kejadian yang sudah pernah terjadi) nantinya menjadi nyata di tahun 2016 ini

Itu yang dimaksudkan oleh satu ide yang selalu saya pakai istilah lewat hastag #IdeHauHau atau #PikiranHauHAu di tulis lewat posting yang sedang saudara baca (akang: pada kalimat ini menjelaskan tentang apa yang dimaksudkan tentang makna kiasan #IdeHauHau atau #PikiranHauHau) ini; ialah maksudnya begini, kalau kita selalu berpikir positif buat diri anda dan saya, keluarga, dan bangsa, minimal mengharuskan pikiran positif ini (akang: pada kalimat ini mengarah pada realitas ideal yaitu ada keseimbangan) seimbang atau wajib juga dominan dari model/gaya berpikir negatif di dalam kehidupan masing-masing setiap waktu.

Sebab kalau berpikir susah dan negatif, itu setiap hari tanpa kita katakan juga (coba memperhatikan dengan saksama di dalam lingkungan hidup anda) selalu saja ada terlihat orang lain pikir/berpikir susah, atau memikirkan hal-hal yang tidak akan banyak merubah kehidupan mereka yang sejak semula terdapat banyak masalah. Karena pada umumnya banyak orang di dunia ini selalu berpikir susah, bersungut, lalu ujung-ujungnya mengerutu di dalam hati bertepatan berhadapan dengan masalah kehidupannya.

Mungkin cuma sebatas kata Bodoh-Bodoh, tetapi kalau ada yang bisa tercerahkan isi otak mereka (si pembaca), mungkin bisa perlahan-lahan dari sekarang ini bisa meluaskan ruang untuk pikiran positif masuk ke dalam otak (anda sekalian); supaya seimbang lah cara berpikir anda di hari ini. Sebab tidak mungkin diri anda akan menjadi baik, kalau di dalam otak saja sudah berpikir banyak susah, atau bersungut-sungut (karena banyak masalah) dan mengerutu segala waktu.

Jadi sekali lagi, kalau anda mau menjadi pribadi atau mau mendapatkan kenyataan seperti yang sukses buat diri anda di tahun 2016, 2017, 2018 atau sampai seterusnya, (akang: pada kalimat ini ingin menjelaskan beberapa cara sederhana) sederhana saja harus fokus buat hari ini. Fokus buat berpikir yang baik di hari ini, fokus buat biking yang baik di hari ini, fokus buat merencanakan yang baik di hari ini; intinya fokus pada kekuatan anda, dan bukan pada kelemahan-kelemahan anda, maka besok dan lusa pasti akan salin berkaitan dengan apa yang anda sudah jalani di hari ini.

Semoga Bermanfaat.

~ Ide HauHau ~
Jimmy Pattiasina

0 comments :

Post a Comment

Dengan Senang Hati Beta Menanti Basuara Sudara-Sudara.

Video Profile Negeri Booi

Isi Kamboti

Google+ Pung

Tampa Kaki

Selamat datang di blog TRADISI MALUKU.. Semoga bermanfaat bagi anda!!