5 Kalimat Bastori deng Dialek Ambon; Part 1

Memulai tahun 2015 ini, admin ingin mengajak pembaca setia BLOG TRADISI MALUKU yang ingin mengenal orang Ambon dari dekat, lewat cara mereka berbicara dalam bahasa dan dialek setempat, maka ini saatnya.

Karena di blog ini sebelumnya telah menyediakan daftar kata-kata dialek Ambon hari-hari dari abjad A-Z, maka dimulai dari posting kali ini, admin akan menampilkan setiap posting semacam ini, yang berisikan 5 contoh kalimat "Dialek Ambon Hari-Hari" dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia.


Kata pepatah, "tak kenal, maka tak sayang"; kalau anda tidak mengetahui dan merasakan gaya berbicara orang Ambon; mungkin kentara kasar dalam berbicara, atau sangat cepat kalau mereka berkomunkasi satu dengan lainnya, tetapi justru dalam gaya berbicara orang Ambon, ada sejumlah hal menarik yang dapat anda temukan jika saja anda mengerti bagaimana cara mereka berbicara yang selalu mengunakan akhiran "e", dibelakang kata "AMBON MANIS E" misalkan; sudah pasti sangat manis kehidupan mereka adanya.. Hehehe (Sedikit Promo bagi yang belum mengetahui sebelumnya).

» Read More...

SALAMAT TAONG BARU DENG BABARAPA TRADISI DI NEGRI NEGRI ADAT DI SAPARUA

"Selamat tahun baru 2015" admin mau ucapkan dulu kepada pembaca setia blog TRADISI MALUKU..
Tak terasa, blog ini sudah berjalan pada usianya di tahun ke 5, dan ada banyak hal yang belum kami berikan secara maksimal kepada pembaca sekalian; tetapi jangan kuatir, admin TRADISI MALUKU akan berbenah dan sedapat mungkin meningkatkan kualitas informasi serta pengetahuan bagi pembaca setia kedepan. Agar bermanfaat bagi setiap orang yang membutuhkan informasi yang agak unik, bila dibandingkan dengan blogger-blogger sejenis dalam mempromosikan TRADISI dan BUDAYA orang Maluku.

Kali ini, admin mau berbagi pengalaman pulang mudik kemarin dikampung halaman, yaitu di pulau Saparua. Tepatnya di Negeri BOOI, yaitu sebuah negeri adat yang terkenal dengan gunung tertinggi di pulau Saparua, yaitu Gunung Booi. Agar lebih terarah tulisan ini, fokus admin mau melihat secara khusus perayaan Tahun Baru oleh masyarakat di pulau Saparua pada umumnya, dan di negeri Booi pada khususnya, yang kemudian diikuti dengan beberapa Tradisi sederhana yang dijalankan oleh masyarakat disana.

Sebagaimana Tahun Baru dengan perayaannya, semua orang merayakan kebahagiaan yang sama, yaitu menyambut datangnya harapan baru untuk hidup ditahun baru. Sehingga bagi masyarakat pulau Saparua, memanfaatkan momen (perayaan tahun baru) ini untuk melakukan sejumlah tradisi yang menarik perlu admin bagikan untuk diketahui..

» Read More...

Video Profile Negeri Booi

Isi Kamboti

Google+ Pung

Tampa Kaki

Selamat datang di blog TRADISI MALUKU.. Semoga bermanfaat bagi anda!!