Tikang Bia Sageru

         Tikang Bia Sageru atau secara hurufiah berarti "menusuk siput/keong (laut) sageru (nama dari siput ini dalam bahasa daerah Ambon). Entah kenapa, pada saat saya makan masakan ayam kari, buatan tante saya, dan kebetulan danging ayam itu terasa kenyal, sehingga yang terpikirkan oleh saya "mirip daging apa yah???"

        Oh iya saya langsung menemukan jawabannya setelah 5 menit berpikir sejenak, ini dia jawabannya: mirip daging "bia sageru". Nah, mari saya bercerita sedikit bagaimana keunikan mencari siput ini, pada saat orang Maluku melakukan aktivitas Bameti (Klik disini untuk mengerti apa itu "bameti"). 

         Umumnya mencari siput ala orang Maluku beragam caranya pula, tergantung dan disesuaikan dengan karakter siput yang hendak di cari. Ada yang menunggu sampai "Air Meti" atau juga harus menyelam (Mollo; dalam bahasa daerah Ambon) untuk mencari jenis siput-siput tertentu. Khusus untuk mencari bia sageru harus menunggu air surut (Air meti); namun disinilah letak keunikan dalam mencari siput yang satu ini.

» Read More...

Video Profile Negeri Booi

Isi Kamboti

Google+ Pung

Tampa Kaki

Selamat datang di blog TRADISI MALUKU.. Semoga bermanfaat bagi anda!!