Natal Bahari

Pulang Kampong atau di kenal dalam bahasa Indonesia baku yaitu "Mudik" bukanlah hal yang lazim dalam masyarakat Indonesia pada umumnya. Jika di tahun 2010 ini menjelang Hari Natal dan tahun baru 2011, terlihat di pelabuhan Tulehu (Kabupaten Maluku Tengah) sebagai pusat pelabuhan penyeberangan menuju pulau Lease (Pulau Haruku, Pulau Saparua, dan Pulau Nusalaut), menampilkan fenomena yang lazim seperti yang terjadi di 2 tahun terakhir ini; yakni di tahun 2007 sampai dengan tahun 2010. Yaitu peningkatan arus mudik (atau orang-orang/basudara yang pulang kampong) yang cukup tinggi dari pada biasanya. 


Hal ini di pengaruhi dengan adanya even Natal BAHARI atau  Natal sedunia, yang secara bergantian di gelar oleh negeri-negeri yang ada di Lease. Sebagai salah satu even di tingkat negeri, untuk membangun kembali rasa solidaritas sebagai satu persekutuan anak negeri yang berada di seluruh pelosok dunia. Sehingga anak-anak dari negeri yang menggelarkan acara natal BAHARI tersebut, akan kembali pulang kampong untuk berkumpul di negeri Porto (Natal Bahari tahun 2008) sebagai asal mereka, atau di negeri Ullath (Natal Bahari tahun 2009), atau di negeri Itawaka dan di Negeri Titawai (Natal Bahari 2010).

Fenomena Natal Bahari atau Natal Sedunia ini telah menjadi trand baru dan sangat mungkin menjadi tradisi baru pula di daratan pulau Lease yang telah di mulai pada tahun 2007, yaitu yang terjadi di salah satu negeri di Pulau Nusalaut. Dimana even yang mengkonsolidasikan antara manusia lintas budaya (mereka yang telah bertahun-tahun merantau, atau bahkan yang telah menetap dalam beberapa generasi di tanah perantauan), dapat kembali pulang ke tanah asal mereka (bapa/mama/leluhur mereka) yaitu di pulau Lease. Entah itu di salah satu negeri pulau Saparua, pulau Haruku, atau di pulau Nusalaut.

Yang pasti berkumpulnya anak cucu satu negeri yang merayakan Natal Bahari itu, mulai berdatangan dari seluruh pelosok Nusantara Indonesia, sebut saja dari Sabang sampai Marauke. Tetapi yang menarik justru tidak sedikit yang datang dari manca negara, seperti dari anak cucu yang bermukim di negara Amerika, negara Australia, dan lebih lagi dari negara Belanda. Demikian sekilas catatan beta tentang Natal Bahari dengan dinamikanya yang unik, yaitu yang terjadi di pulau Lease dapat beta posting untuk di ketahui oleh saudara/i semua.[SA.95]J.Pattiasina

» Read More...

Cari Hidop

Bajalang pardidu maar pung tujuan,
          seng sadiki orang nganga sabalah mata.
      Biking beta, mau ini deng itu handeke pusing 7 kaliling, taputar macang apiong.
sabang hari... rasa bosan ulang paleu bagitu jua
   sabang hari... rasa mau lari kastinggal hidop, yang tarus tetap di tampa
       sabang hari....lipa tangang deng tikang lutu par basuara
            cari hidop memang seng gampang uanau e.
Mama... beta seng janji..
Tata.... percaya beta...
Kal nanti akang datang...
      Mata, jaga biking beta tarus tarukira par lia basudara.
Talinga, jaga biking beta salalu tarutalingang par dengar dong samua.
     Tangang, kal bisa sabala kiri su kaseh, tangang kanan jang tau lai kio..!!
Hati, jaga salalu kase inga beta, harus hati-hati supaya jang tinggi hati kalo beta sudapa hidop. [SA.95]J.Pattiasina

» Read More...

Salamat hari Dominggu

Deng kaki talanjang inja tanah
Baniang Itang, Tata bajalang ka gareja.
Mama iko dar balakang jadi pendamping
pake kabaya itang deng kaeng pikol,
hokmat paskali lia akang par waktu itu..!!!


Salamat har dominggu Ale......
Salamat har dominggu Wate ...
Salamat har dominggu Mui...
Salamat har dominggu Tata ....
Salamat har dominggu Mama....
Salamat har dominggu Oom...
Salamat har dominngu Ua....
saling baku kase suara manis paskali....


Nuansa har dominggu di negeri-negeri Sarane..
Har dominggu har isitirahat voor bakumpul kebaktian.
har dominggu jadi tanda voor beta deng ale yang seng pi, harus tinggal tado di rumah..
bukang maeng, tabiat voor tundu par Tuang Allah tabangong dalam tabiat.
Har dominggu baganti hari..


Satu yang beta mau bilang, salamat har dominggu lai...
Mari ale o katong jaga kekudusan har dominggu...
voor beta pung basudara Salam, salamat beristirahat di hari dominggu lai
salamat berlibur deng basudara pela gandong disana, di ale dong pung negeri yang permai... [SA.95]J.Pattiasina

» Read More...

Laipose

Saat baku dapa, seng tau mau biking apa?

Saat pandang mata, cuma lewat foto
Saat bacarita, cuma lewat kata mar seng liat rupa
Saat tasonto rasa, rindunya mita ampun voor nona Ambon.

Bunyi omba labuang Passo, seng bisa pele suara hati
Beta manyanyi lagu rindu dalam hati 
cuma voor ale nona Ambon.
Seng sangka bisa bagini, seng sangka bisa terjadi amper jatuh beta pung hati

Adoee........
Laipose, basangaja biking manis carita
Onosel, bacarita baputar-putar kata
Nona pasti su dapa rasa.
Carita taputar carita nyong malu hati paskali....

Jang bilang kalo hati su tambah dekat
Meski berat rasa, kalau saja ika akang deng tali hulaleng voor jadi kisah
laipose tinggal laipose
Onosel jalan tarus jadi ondos di malam hari..

Nona....
Nyong abis bahasa
Nona....
Nyong gantong hati di batu gantong baku dekat Mangga Dua
Nona....
Nyong amper mati, sama deng Kudamati belum sampe di Passo
Nona....
Nyong rindu paskali dengar suara.

Biarpun nona bilang laipose, 
Nyong seng ambel pusing
Biarpun laipose biking babunga,
Mar hati ini pasti babuah

Babuah di hati jadi bukti, kalo bukang cuma babunga 
Waktu sibu-sibu dapa lia, datang angin tanjong Tial talapas seng jadi arti
Babuah di hati jadi bukti, kalo buah tujuan akhir dari babunga rasa 
Jaga hati, jaga rasa voor jadi buah, karna laipose seng selamanya penuh gombal...







» Read More...

Carita Tasambung Kisah

Dar jiku kintal digital nona sahua
Dar jiku kintal digital nyong balas kata
Dar jiku kintal digital tuang hati, tasambung rasa voor baku bage
Ada yang salah deng nona pung hati.

Tasalah deng hati itu yang nyong tau
Nona ada kanapa?
Nona barang kanapa?
Nyong pung handeke taputar voor manyau nona, akang jadi kisah dalam carita.

Ada kisah ada carita di bawa rembulan deng batabor bintang,
Orang bilang, dalamnya laut banda itu hati pung kadalam, lanjutan kisah nyong seng tau
Hijaunya utang Seram, akang pung luas nyong seng bisa ukur
karna dapa lia cuma dar jauh, carita tasambung kisah…..

Jang marah….
Salah Istori nyong salah tingkah
Handeke taputar berlawanan jarong jam, salah tarkira
Ada carita mau biking kisah, mar seng bisa sambung karna jauh
Bisa bacarita di jiku kintal taontal rasa sapa yang tau

Nona tuang hati mungkin nyong abis kata.
Nyong tuang hati mungkin nona barat rasa
Puisi ini memintal kata jadi carita indah membangun kisah
Oras bintang kincing menjawab harapan, mungkin saja menjadi doa. [S.A. 95] J.Pattiasina




Terjemahan Bahasa Indonesia



Dari sudut lokasi/tempat digital nona bersuara
Dari sudut lokasi/tempat digital  nyong balas kata
Dari sudut lokasi/tempat digital pujaan hati, bersambung rasa untuk berbagi
Ada yang salah dengan nona punya hati


Hati yang bermasalah, itu yang nyong tahu
Nona ada kenapa?
Nona apa gerangan?
Otak nyong terus berputar untuk menjawab nona, tentunya jadi kisah dalam cerita


Ada kisah ada carita di bawa rembulan dengan bertaburan bintang
Kata orang, dalamnya laut banda itu dalamnya hati, lanjutan kisah nyong tidak mengetahui
Hijaunya hutan Seram, luasnya nyong tidak bisa mengukurnya

karna hanya bisa melihat dari kejauhan, cerita bersambung kisah…..

Jang marah….
Salah bicara nyong salah tingkah
Otak berputar berlawanan jarum jam, salah mengira
Ada cerita untuk dibuat kisah, akan tetapi tidak bisa bersambung karna jauh
Bisa bercerita di sudut tempat teruntai rasa siapa yang tahu

Nona pujaan hati mungkin nyong habis kata.
Nyong tuang hati mungkin nona berat rasa
Puisi ini memintal kata jadi cerita indah membangun kisah
Waktu bintang jatuh menjawab harapan, mungkin saja menjadi doa.









» Read More...

Kaeng Kabaya

Konde manyalah deng bunga ron
manis paskali deng bibir merah delima
nona itam manis kaeng kabaya dari Ambon
biking nyong tagila-gila

kaeng kabaya, biking ale tamba manis
kaeng kabaya, jadi tanda kalo ale nona Ambon
kaeng kabaya, bukang berarti jadikan ale seng modern
kaeng kabaya pung artian spesial voor beta nyong Ambon

kong mangapa kaeng kabaya jadi kurang bahan?
kong mangapa kaeng kabaya takisu di ale mata?
kong mangapa kaeng kabaya seng dapa slak deng baju cele?
jujaro deng mungare Ambon pung bastel su talamburang..

beta deng ale jadi malu, malu yang mana?
baju kurang bahan, kameja turung nae deng calana tarobe panta sak...
seng pastiu yang penting bastel iko rame, mana baju cele deng kaeng kabaya?
akang samua ilang, katanya kuno mar balom tentu seng bermartabat

Ale Jujaro..., Ale Mungare ......
dunia ini memang su virkan,
kaki di kapala, kapala di kaki
Seng tau manir, su talamburang seng tau hati.....

Beta cuma mau biking inga, beta cuma mau kase suara,
tabiat orang Maluku pung malu hati paleng tinggi.
jaga katong pung harga diri
jaga katong pung kalakuang, supaya orang barekeng jang cuma karna babanting.


 

» Read More...

Cerita di Balik Kesuksesan Tukang dari Negeri Booi

Bukan suatu euphoria ketika ada yang memberikan pujian (masyarakat negeri lain di Lease) terhadap orang Booi yang memiliki kelebihan dalam suatu pekerjaan mereka membangun sebuah bangunan. Entah itu dalam membangun sebuah Rumah, bangunan Sekolah, bangunan Gereja, dll. Sebenarnya dalam sekilas mata, mereka (para Tukang = yaitu sekelompok buru bangunan, yang di dalamnya terdapat spesialis tukang kayu, spesialis tukang batu, dll) memiliki kemampuan yang terorganisir dan cepat dalam bekerja dengan kualitas terbaik, memang sudah menjadi bakat alami.

Namun jika ada yang bertanya, kenapa mereka (tukang dari Booi) bisa terkenal dengan kualitas kerja mereka seperti itu, maka jawabannya akan saya jawab dalam postingan ini. Terkait dengan kualitas kesuksesan Tukang dari Booi, berawal dari sebuah legenda "Air Tukang" atau juga dapat di katakan Mitos yang menghubungkan marga/fam Soumokil yang ada di negeri Booi sebagai Founding Fathers kualitas kerja Tukang di negeri Booi. 

Beginilah ceritanya :

Di suatu malam, persis di bawah terang bulan purnama dekat rumah seorang pemuda (yang bermarga Soumokil), ia hendak mencari suatu tempat yang nyaman untuk menikmati terang bulan purnama malam itu yaitu di sebuah kolam air, yang biasa dipakai orang pada saat itu untuk keperluan minum dan mencuci, terdengar suara canda dan tawa nona-nona. Setelah di tengok dari balik pepohonan, ia melihat ada 7 orang gadis/nona yang cantik dan rupawan sedang mandi sambil bercanda satu dengan yang lainnya.

Pemuda tersebut menyadari bahwa nona-nona itu bukan dari ras manusia, tetapi ke 7 nona tersebut berasal dari "Kayangan" dunia dewa-dewi. Alasannya tidak ada diantara mereka yang di kenali, sebab tidak ada nona-nona dari negeri Booi yang cantik dan rupawan menandingi ke 7 nona yang ia lihat pada saat itu. Karena kecantikkan mereka ia tertawan hati untuk bisa memiliki satu dari antara mereka, dan setelah ia mencermati sekitar kolam itu, ada 7 buah pakaian putih yang lengkap dengan sayap masing-masing milik nona-nona tersebut.

Dengan harap-harap cemas, pemuda tersebut mulai mendekati kumpulan pakaian itu, dan mencuri 1 pasang sayap dari antaranya. Tujuan pemuda itu berhasil tanpa di ketahui oleh mereka. Setelah tiba waktu ke 7 nona dari kayangan tersebut selesai mandi dan hendak pulang ke asal mereka, baru disadari bahwa adik bunggsu mereka tidak memiliki sayapnya untuk terbang ke Kayangan. Sudah pasti merupakan sebuah kesedihan besar yang terjadi di antara mereka, dimana harus berpisah dengan adik bungsu atas kecelakaan yang menimpah adik bungsu mereka. Namun kenyataan ini tidak bisa terhindarkan, ke 6 kakak-kakaknya harus kembali, sebab cahaya rembulan sudah hampir redup dan dengan berat hati mereka harus meninggalkan adik bungsunya, dengan perjanjian setelah sayapnya di temukan ia (adik bungsu) segera kembali pulang dan berjumpa dengan keluarganya kembali.

Di Balik pepohonan mata pemuda merekam semua yang terjadi pada saat itu, hingga fajar mulai menyingsing pemuda itu tetap terjaga untuk memantau perilaku nona itu, sebab yang terlihat, nona itu hanya duduk murung di pinggir kolam air tersebut dan menangis sedih. Dengan berprilaku yang terkesan tidak mengetahui segala kejadian yang sementara dialami oleh nona tersebut, pemuda itu mulai mendekatinya sambil menanyakan kronologis yang merupakan sebab, kenapa sampai nona tersebut akhirnya menangis di pinggir kolam air tersebut. Dengan sikap care yang ditampilkan pemuda tersebut, nona itu akhirnya menerima tawaran tumpangan oleh seorang pemuda yang berasal dari  kalangan manusia (yang juga sebagai manusia pertama yang di temuinya) pada saat itu. 

Singkat cerita, mereka akhirya kawin dan hidup bersama-sama dan di karuniai 2 orang anak laki-laki. Mereka hidup dengan bahagia, sampai dengan suatu saat ibu dari kedua anak itu hendak membersihkan atas loteng (bagian plavon) rumah mereka yang terbuat dari susunan bambu. Dengan tidak sengaja ia melihat sebuah bambu Patong (sebutan terhadap salah satu jenis bambu di Maluku Tengah yang berukuran besar) yang tersumbat dengan sebuah penutup, dan tersusun di antara belahan bambu lainnya sebagai palvon rumah mereka. Dengan keingin tahuan apa isi dari sebuah wadah dari bambu itu, ibu mulai membukanya dengan hati-hati. Ia dikagetkan dengan isi wadah bambu tersebut, bercampur rasa kesal terhadap suaminya, rasa senang terhadap barang temuannya (yaitu sayapnya), dan rasa rindu untuk kembali ke tempat asalnya dan juga menepati janji terhadap saudari-saudari perempuannya, ia dengan tenang menanti saat yang tepat untuk kembali ke negeri Kayangan.

Sampai pada datangnya waktu bulan purnama, kebetulan sekali waktu itu ayah dari anak-anak sementara bekerja di kebun dan harus menginap di rumah kebun, maka hari itulah yang telah lama di tunggu-tunggu oleh ibu (nona dari kayangan) anak-anak tersebut. Ia mulai naik ke loteng mengambil sayapnya, dan memanggil kedua anaknya dan menjelaskan apa yang sementara terjadi sampai dengan saat itu, dimana ibu harus meninggalkan kalian dengan ayah kalian dan harus kembali ke negeri Kayangan. Sambil membuat api unggun, maka ia berkata kepada anaknya: "ibu akan naik dengan bantuan asap api ini, namun tanggung jawab dan kasih sayang ibu kepada kalian akan selalu ada, jadi setiap bulan purnama datanglah di tempat ini, dan kumpul api (buatlah api unggun) di sini maka ibu akan memberikan ole-ole (kiriman hadiah) bagi kalian selalu. Tapi ingatlah baik-baik, tali pengikat setiap ole-ole jangan sekali-kali diputuskan dengan cara memotongnya dengan pisau atau parang, sebab jika di potong ole-ole dari ibu tidak akan ada lagi bagi kalian".  
Maka terbanglah ibu anak-anak itu kembali ke negeri Kayangan dan meninggalkan mereka untuk selama-lamanya.

Tibalah ayah di pagi hari dan dijumpailah anak-anaknya sementara menangis dan di ceritakanlah apa yang mereka dengarkan dari ibu kepada mereka, maka sangat bersedih hati mereka bertiga. Dan untuk memastikan apakah benar isterinya sudah kembali ke tempat asalnya, ia mencari bambu patong di atas plavonnya, dan benar bahwa sudah kosong bambu yang dahulu berisikan sayap yang di curinya dari salah satu nona kayangan saat itu, yang sekarang adalah ibu dari kedua anaknya. Namun tidak mengapa dalam hati ayah saat itu, sebab ada sebuah ikatan emosional antara ibu dan anak-anak juga dengan dirinya; sebab seperti yang diceritakan oleh anak-anaknya, bahwa ibunda mereka telah berjanji untuk memberikan mereka ole-ole setiap bulannya.

Bulan purnama pun tiba, seperti yang dijanjikan oleh ibu mereka, mereka (anak-anak dan ayah mereka melakukan cara yang sama dengan anjuran ibunda) mulai membuat api unggun; dan dalam beberapa saat tiba-tiba ada ole-ole yang mereka temukan di sekitar tempat itu. Setelah dibukakan di dalam ole-ole itu ada segala keperluan dari anak-anaknya yang ibunda mereka kirimi, dan juga ada surat yang di tuliskan kepada ayah mereka. Dan di akhir surat itu tertulis untuk mengingatkan kembali kalau setiap ole-ole tidak boleh di putuskan tali pengikatnya dengan pisau atau parang, untuk itu harus di buka simpulnya dengan tangan.

Maka bulan berganti bulan dan tahun berganti tahun, ole-ole selalu mereka dapatkan, namun ada suatu perubahan yang terjadi pada ole-ole tersebut, tali pengikatnya semakin sulit untuk di buka simpulnya. Dan pada saat yang tepat untuk memperoleh ole-ole dari ibu mereka, pada saat itu ole-ole yang mereka dapatkan begitu besar sekali wadahnya, dan tentunya ikatan simpulnya sangat sulit mereka membukanya dengan tali. Sampai kurang lebih satu minggu ole-ole itu tidak dapat di bukakan, maka mereka bertiga sepakat untuk memutuskan tali pengikat ole-ole itu dengan pisau. Maka konsekuensi dari perbuatan itu, adalah hubungan antara ibu dengan anak-anak dan juga hubungan antara suami dan isterinya yang berasal dari negeri kayangan itu berakhir sampai di saat itu saja. Dan isi dari ole-ole terakhir yang dikirim oleh ibunda mereka adalah seperangkat alat tukang kayu dan tukang batu yang lengkap untuk membangun rumah mereka.

Mulai dari saat itu, mereka (adalah kedua anak-anak laki itu yang bermarga Soumokil) bersama dengan ayah mereka mulai memakai perkakas-perkakas tukang itu untuk membangun rumah mereka, dan tentunya dengan sepenuh hati mereka memakai perkakas itu sebagai bagian yang terpenting dalam kehidupan mereka, sebab kecintaan terhadap perkakas-perkakas tukang itu dalam fungsinya, mereka memaknainya sebagai bagian hidup yang tidak bisa dilepas pisahkan dari besar rasa cinta dan rindu mereka kepada ibunda tercinta yang memberikan segala hal bagi mereka.

Begitulah awal mula cerita kepiawaian orang Booi dalam kapasitasnya sebagai tukang-tukang bangunan yangg terkenal; sebenarnya berawal dari cerita ini dan terus dalam berjalannya waktu, ilmu tukang dan pengenalan perkakas tukang yang di peroleh dari salah satu marga yaitu marga/fam Soumokil kemudian di transfer kepada seluruh orang Booi lainnya dalam proses regenerasi hingga kini. Dan hal ini yang memungkinkan mereka (orang Booi) mendalami kerja Tukang sebagai suatu proses alami, yang sudah terjadi dalam setting sejarah mereka hingga kini dengan pola regenerasi kerja Tukang secara otodidak, sebagai sebuah keunikan dan juga kehebatan mereka.


Sebagai catatan: di Negeri Booi hingga kini ada suatu tempat yang di sebut AIR TUKANG, dalam kaitannya dengan cerita ini tempat tersebut tidak terlalu terkenal oleh banyak orang. Tetapi tempat itu memiliki dasar filosofis yang kuat dengan karakter sebagaian besar orang Booi yang memiliki keunggulan dalam profesi mereka sebagai tukang yang berkualitas. 

Data ini saya peroleh dari Almarhum Paulus Pattiasina (77 tahun, meninggal dunia di tahun 2005), dan dinarasikan oleh saya dalam gaya bahasa yang dapat dimengerti oleh anda sekalian. [SA.9.5] J. Pattiasina 



» Read More...

Video Profile Negeri Booi

Selamat datang di blog TRADISI MALUKU.. Semoga bermanfaat bagi anda!!